Besaran Dividen Alam Sutera Menurun, Saham ASRI Lanjutkan Konsolidasi

AnalisaTrading-Emiten properti PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) akan membagikan dividen tunai final 2013 sebesar Rp 7 per saham, atau sekitar Rp 137,54 miliar. Artinya, pay out ratio dividend tersebut hanya 15,46% dari total laba bersih tahun 2013 yang sebesar Rp 889,57 miliar.

Laba yang merosot sepanjang tahun 2013 turut mempengaruhi besaran pembagian dividen. Padahal pada tahun lalu, ASRI membagikan dividen sebesar sebesar Rp 14,6 per saham. Jika ditotal, jumlah dividen tahun 2012 tercatat Rp 286,88 miliar atau 23,6% dari laba bersih tahun 2012.

Lantaran kondisi keuangannya tengah menurun ASRI mengurangi pembagian dividen dan lebih memilih mengalokasikan sisa laba untuk ekspansi. ASRI ingin menyiapkan kas yang banyak untuk ekspansi. Karena kondisi eksternal seperti kenaikan suku bunga turut menekan kinerja.

Pada tahun lalu, ASRI membukukan pendapatan sebesar Rp 3,68 triliun, naik dari tahun 2012 yang sebesar Rp 2,4 triliun. Namun, kenaikan pendapatan itu tak sanggup menopang laba. ASRI harus puas dengan penurunan laba bersih tahun 2013 hingga 26,8% dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp 889,57 miliar.

Sementara itu, menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham hari ini, Jumat (6/6/14), saham ASRI dibuka di level 492.  Dan setelah itu pergerakannya dikisaran 491 – 495. Dengan volume perdagangan saham ASRI mencapai 4,54 juta lot saham dan terus bertambah.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting melihat sisi indikator teknikal, harga saham ASRI sejak awal bulan ini terlihat terus mengalami pelemahan tajam sejak awal bulan April saat ini telah terlihat terkoreksi dan bergerak konsolidasi, dimana indikator MA sudah bergerak flat sejajar dengan bolinger band tengah. Selain itu indikator stochastic bergerak flat di area jenuh jual

Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi laju ASRI masih akan menguat terbatas hingga menunggu sentimen fundamental yang menggerakan ASRI. Saat ini level support berada pada Rp 432 hingga resistance Rp 564. (VN)

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *