Fokus Tingkatkan Pendapatan Bunga, Saham BMRI Bergerak Di Pusaran Konsolidasi

AnalisaTrading-PT Bank Mandiri Tbk.(BMRI) mentakan akan berupaya memperkuat penyaluran fungsi intermediasi ke sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) demi meningkatkan margin bunga bersih atau net interest margin (NIM). Perseroan akan fokus untuk menumbuhkan kredit UMKM di atas 20%, sedangkan kredit korporasi akan sengaja diperlambat.

Hingga kuartal I/2014, rasio NIM Bank Mandiri mencapai 5,75%, secara year on year, mengalami pertumbuhan hingga 6,9% dari posisi 5,38%. NIM merupakan salah satu faktor pendongkrak laba perbankan. Namun perseroan harus tetap menjaga kualitas kredit, karena rasio kredit bermasalah (NPL) mikro sedang mengalami penaikkan, di kisaran 3%.

Hingga kuartal I/2014, total kredit mikro Bank Mandiri mencapai Rp28,2 triliun, atau tumbuh hingga 36,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara yield kredit mikro Bank Mandiri, mencatatkan kenaikan hingga 16 basis poin (bps) menjadi 19,03% dari posisi 18,87% pada Februari 2014. Sementara itu, total debitur pada kuartal I/2014 mencapai 909.331 debitur.

Sementara itu, menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham hari ini, Rabu (4/6/14), saham BMRI dibuka di level 10,225.  Dan setelah itu pergerakannya dikisaran 10,100 – 10,225. Dengan volume perdagangan saham BMRI mencapai 4.8 juta lot saham dan terus bertambah.

Dilihat sisi indikator teknikal, harga saham BMRI sejak awal bulan ini terlihat terus mengalami penguatan sejak pertengahan bulan lalu saat ini telah terlihat bergerak konsolidasi, dimana indikator MA sudah bergerak flat sejajar dengan bolinger band tengah. Selain itu indikator stochastic bergerak turun di area tengah setelah sebelumnya berada pada area jenuh beli.

Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi laju BMRI masih akan menguat terbatas hingga menunggu sentimen fundamental yang menggerakan BMRI. Saat ini level support berada pada Rp 9891 hingga resistance Rp 10700.  (VN)

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *