Kinerja Manufaktur Tiongkok Mengangkat Harga Tembaga

Analisa Trading – Harga tembaga di Bursa LME pada perdagangan Senin 2 Juni 2014 kembali ditutup menguat. Penguatan harga tembaga masih dipicu oleh data Manufaktur Tiongkok yang rilis pekan lalu.

Data Manufaktur Tiongkok yang terpantau mengalami pemercepatan pertumbuhan tertinggi dalam 5 bulan masih terus memberikan gairah positif terhadap penguatan harga tembaga. Posisi Tiongkok selaku pengguna tembaga terbesar dunia memang sangat berkaitan terhadap pola perubahan harga tembaga melalui pendekatan sisi demand. Dengan terdapatnya peningkatan cukup signifikan pada data PMI manufaktur Tiongkok, maka pasar menjadi optimis permintaan tembaga masih akan cukup kuat.

Pada perdagangan Senin 2 Juni 2014 di Bursa LME, harga tembaga ditutup menguat. Harga tembaga LME untuk pengiriman 3 bulan kedepan naik 0,25% ke tingkat harga $6.923/ton atau menguat $17/ton.

Sedangkan dari Pasar Asia, tembaga SHFE saat ini juga terpantau mengalami penguatan. Tembaga berjangka SHFE untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,47% ke tingkat harga 48.690 Yuan/ton atau menguat 230 Yuan/ton.

Analis memprediksi harga tembaga masih akan berada dalam trend kuat. Hal tersebut dilandasi oleh sektor manufaktur Tiongkok yang sedang bergerak menguat akan menjadi sentimen kuat terhadap pergerakan harga tembaga. Terkait pergerakan harga tembaga hari ini, diprediksi tembaga LME akan berada di kisaran $6.886-$6.944,5. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *