Ekonomi Tiongkok Bangkit, Zona Eropa Melemah

Analisa Trading – Dari data aktivitas sektor non manufaktur dan aktifitas pabrik di Tiongkok menunjukkan tanda-tanda kebangkitan ekonomi Tiongkok. Namun tidak dalam zona Euro, kebijakan dari Bank Sentral yang ditunggu membuat negara tersebut berbalik melambat.

Markit’s final manufaktur pembelian Indeks Manajer (PMI) untuk zona euro menyelinap rendah dalam enam bulan.

Seperti yang dirilis dari Reuters, perlambatan manufaktur di zona euro bulan lalu memperkuat keyakinan bahwa ECB akan memberikan paket langkah-langkah pada pertemuan kebijakan 5 Juni.

Untuk memacu pertumbuhan, meningkatkan pinjaman dan menaikkan inflasi ECB secara luas diharapkan memotong bunga deposito yang berada di bawah nol, mengurangi tingkat utama pinjaman dan memulai operasi refinancing.

Inflasi di negara-negara euro diperkirakan telah stabil pada 0,7 persen bulan lalu, meskpun suku bunga ECB di bawah 1 persen.

Kemarin sore Kantor Statistik Federal melaporkan bahwa inflasi konsumen tahunan di Jerman adalah hanya 0,9 persen bulan lalu, turun dari rata-rata 1,1 persen di bulan April.

Jerman adalah ekonomi terbesar di Eropa dan lagi didukung pertumbuhan keseluruhan yang hangat. Tapi di Perancis, ekonomi terbesar kedua blok, PMI tenggelam kembali di bawah tanda 50 setelah hanya dua bulan ekspansi.

Di Inggris, yang tidak menggunakan euro, kegiatan yang terus berkembang dengan cepat bulan lalu, membuat pemulihan ekonomiu manufaktur telah kehilangan sedikit yang bersinar pada kuartal ini. (FC)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *