Tanda Pemulihan Perekonomian Mulai Terlihat, Iklim Investasi Jepang Dinilai Positif

pemerintah Jepang menyatakan bahwa saat ini perekonomian Jepang terutama dari sisi investasi sedang mengalami peningkatan. Perekonomian Jepang saat ini sedang berada pada tren pemulihan yang moderat, sementara beberapa indikator ekonomi yang terlihat melemah di kuartal pertama lalu merupakan reaksi atas tingginya permintaan sebelum sebelum kenaikan pajak konsumsi diberlakukan.

Bisnis investasi di Jepang saat ini memang tercatat meningkat, namun tetap output yang diperoleh lebih rendah dari bisnis di sektor industri. The Bank of Japan (BOJ) pada pekan ini meningkatkan penilaiannya terhadap segi belanja modal sebagai efek dari keuntungan perusahaan yang meningkat.

Pada indikator ekonomi lainnya, PMI Manufaktur Jepang untuk bulan Mei ini menunjukkan level tertingginya dalam 2 bulan terakhir yaitu pada 49,9, setelah sebelumnya pada April lalu tercatat pada 49,4.

Hal ini juga menunjukkan suatu indikasi positif atas perekonomian Jepang dimana sektor manufaktur mulai menunjukkan kestabilannya setelah terjadi penurunan tajam pada April lalu.

Meskipun memang tidak dapat dipastikan dengan tepat kapan perekonomian Jepang akan kembali pulih dan stabil. Namun optimisme pasar hingga saat ini masih memberikan aura positif terhadap pemulihan ekonomi negara tersebut, salah satunya adalah dengan rilis data beberapa indikator ekonomi Jepang yang berhasil menunjukkan hasil positif ditengah kontraksi ekonomi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *