Senin Siang, Rupiah Bertahan di Level Rp 11.610 / USD

AnalisaTrading-Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin  siang belum bergerak nilainya atau stagnan di posisi Rp 11.610 per dolar AS.  Kurs  rupiah cenderung minim fluktuasi dikarenakan jumlah hari kerja di dalam negeri pada pekan ini yang sedikit seiring hari libur nasional.

Ruang penguatan bagi rupiah masih cukup terbuka menyusul kondisi fundamental ekonomi di Indonesia masih cukup solid, meski beberapa sentimen terutama dari eksternal masih membatasi kenaikan mata uang domestik. Indikasi bank sentral AS (the Fed) berencana untuk normalisasi kebijakan moneternya dengan meningkatkan suku bunga dapat membuat laju mata uang rupiah tertahan.

Selain itu,  sentimen bisnis Jerman yang mengalami penurunan dapat berdampak pada mata uang rupiah.  Kondisi itu mendorong penguatan dolar AS di pasar global, nilai tukar rupiah dapat terkena dampaknya dari sentimen eksternal.

Pelaku pasar global, termasuk di dalam negeri sedang menantikan hasil pertemuan bank sentral Eropa (ECB) terkait stimulus keuangan dalam mendorong pertumbuhan Eropa.  Pasar akan menanti petunjuk tambahan mengenai apa yang akan terjadi pada pertemuan dewan ECB pada Kamis pekan ini. (FR)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *