Sentimen Positif Lebih Kuat, Harga Tembaga Terangkat

Analisa Trading – Harga tembaga terpantau menguat pada penutupan perdagangan di Bursa LME. Penguatan harga tembaga dipicu oleh sentimen positif dari data HSBC Flash Manufacturing PMI yang berpengaruh lebih kuat dibandingkan data penjualan rumah Tiongkok.

Sentimen negatif dari data penjualan rumah Tiongkok oleh biro statistik setempat, terlihat hanya mampu bertahan singkat. Terpantau, harga tembaga justru kembali menguat cukup signifikan pasca rilis data HSBC Flash manufacturing PMI yang dianggap akan lebih langsung berpengaruh pada permintaan tembaga. Dampak dari rilis data tersebut yang terpantau berada pada level diatas ekspektasi analis hingga mencapai 49.7, harga tembaga naik baik di Bursa LME maupun SHFE.

Pada perdagangan Rabu 22 Mei 2014, harga tembaga LME ditutup dengan mengalami penguatan. Harga tembaga LME untuk pengiriman 3 bulan kedepan naik 0,95% ke tingkat harga $6.870/ton atau menguat $65/ton.

Sedangkan pada perdagangan di Bursa SHFE hari ini, harga tembaga juga mengalami kenaikan. Harga tembaga berjangka SHFE untuk kontrak Juli 2014 menguat 1,13% ke tingkat harga 49.080 Yuan/ton atau naik 550 Yuan/ton.

Prediksi harga tembaga akan kembali mengalami penguatan di Bursa LME. Hal tersebut dilandasi oleh adanya sentimen positif kuat dari data manufaktur Tiongkok yang merupakan pengguna tembaga terbesar di dunia. Terkait pergerakan harga, perdagangan di Bursa LME pada hari ini diperkirakan akan berada pada interval $6.786,25-$6.968,75. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *