Tingkat Persediaan Gudang LME Picu Pelemahan Harga Nikel

Analisa Trading – Harga nikel Bursa LME ditutup melemah pada perdagangan Rabu 20 Mei 2014. Pelemahan harga nikel diduga dipicu oleh level persediaan gudang LME yang pada perdagangan kemarin terpantau cukup tinggi.

Level persediaan nikel di Bursa LME terpantau berada pada posisi yang sedikit menekan penguatan harga nikel. Nikel yang hampir sepanjang tahun ini menguat akibat kebijakan larangan expor biji tambang mentah Indonesia, tertahan oleh level persediaan yang justru meningkat sepanjang tahun ini. Terpantau pada perdagangan Bursa LME kemarin persediaan nikel justru naik 7% dibandingkan persediaan di awal tahun ke level 280.020. Imbas dari data tersebut, harga nikel kembali melemah pada perdagangan Rabu.

Walaupun demikian, Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi nikel masih akan berada dalam trend kuat. Hal tersebut dilandasi oleh tingginya tingkat ketidakpastian akan perubahan kebijakan larangan expor biji tambang mentah Indonesia. Diprediksikan nikel LME masih akan bergerak pada kisaran harga $19.000-$20.075.

Pada penutupan perdagangan Rabu, harga nikel LME ditutup melemah. Nikel LME untuk pengiriman 3 bulan kedepan turun 0,89% ke tingkat harga $19.475/ton atau melemah $175/ton. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *