Pemegang Saham Sepakat, Sekar Laut Bagikan Dividen Rp 2,76 Miliar

AnalisaTrading-Emiten  produsen  makanan,  PT Sekar Laut Tbk (SKLT)  membagikan dividen Rp 2,76 miliar atau sebesar Rp 4 per lembar saham dari laba bersih tahun 2013 yang mencapai Rp 11,4 miliar atau naik dari tahun 2012 sebesar Rp 8 miliar.  Peningkatan laba perusahaan yang ditunjang oleh pertumbuhan penjualan menjadi pertimbangan kami untuk membagikan dividen. Demikian disampaikan Direktur PT Sekar Laut Tbk, John Gozal saat  Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Rabu (21/5).

Untuk diketahui,  perseroan mencatat penjualan selama 2013 mencapai Rp 567 miliar atau naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp 402 miliar. Peningkatan penjualan ini dipicu oleh kegiatan investasi selama 2013 yang menghabiskan dana hingga Rp 39 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi dari sebelumnya 14 ribu ton menjadi 20 ribu ton per tahun.   Secara keseluruhan penjualan meningkat hingga 47%, atau melebihi target kami sebelumnya pada angka 20%.

Tercatat, dari total penjualan sebanyak Rp 567 miliar, menurut John, penjualan krupuk masih memberi kontribusi paling besar hingga 70%, sedangkan saos 20% dan roti 10%.  Tahun ini kita targetkan penjualan kami tumbuh hingga 25%.

Menurut  John, perseroan cukup optimistis dengan target pertumbuhan tersebut mengingat respon pasar terhadap produknya cenderung meningkat baik di pasar ekspor maupun di pasar domestik, terutama untuk produk krupuk yang mulai diminati di beberapa negara Eropa, Amerika Serikat dan negara di Asia.   Hingga kuartal I 2014 perseroan mencatat penjualan sebesar Rp 169 miliar atau naik 19% dibanding periode sama tahun 2013. Sedangkan laba tercatat sebesar Rp 3,7 miliar naik dari periode sama tahun lalu sebesar Rp 1,9 miliar.

Di sisi lain,  perseroan akan melanjutkan peningkatan kapasitas produksi dengan menyelesaikan investasi pabrik baru di Mojokerto yang khusus akan memproduksi produk sambal (saos). Untuk pabrik baru ini, perseroan sudah menyiapkan dana Rp 30 miliar dari kebutuhan total dana Rp 50 miliar.   Saat ini, pabrik baru itu dalam tahap persiapan dan direncanakan akan selesai dalam 2 tahun kedepan.  Tambahan kapasitas baru ini akan meningkatkan kapasitas produksi  hingga 25 ribu ton dari sekarang 20 ribu ton per tahun.(FR)

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *