Bursa Hong Kong Menguat ke Level Paling Tinggi dalam 5 Minggu

AnalisaTrading-Bursa saham Hong Kong di awal perdagangan Kamis ini mengalami peningkatan yang signifikan (22/5). Bursa saham melesat hingga indeks berjangka hang seng mencapai posisi paling tinggi dalam lebih dari 5 minggu belakangan. Sentimen positif dari Wall Street serta membaiknya kondisi sektor manufaktur Tiongkok memberikan dorongan menguat terhadap bursa saham ini.

Data  HSBC Flash Manufacturing PMI Tiongkok untuk bulan Mei berada pada angka 49.7 poin. Angka ini jauh melampaui estimasi yang berada di level 48.3 poin. Pada bulan April lalu angka HSBC Final Manufacturing PMI berada di level 48.1 poin. Meskipun masih berada di zona kontraksi (di bawah 50 poin), indeks flash ini berada di level paling tinggi dalam 5 bulan belakangan.

Indeks spot hang seng tampak bukukan peningkatan sebesar 154.41 poin atau 0.68 persen dan berada pada posisi 22990.93. Indeks berjangka pagi hari ini juga bergerak mengesankan. Indeks berjangka dibuka pada posisi 22880, naik tajam 67 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin. Saat ini indeks berjangka makin menguat dan mencapai posisi 22965.

Saham-saham lapis biru tampak bergerak menguat dengan cukup solid. Cheung Kong membukukan kenaikan 0.30 hkd menjadi 135.60 hkd. HSBC membukukan kenaikan sebesar 0.40 hkd menjadi 81.20 hkd. CLP Holdings mengalami penurunan tipis sebesar 0.05 hkd menjadi 63.50 hkd.

Saham produsen gerbong kereta api CNR tampak bergerak nyaris flat pada debut perdagangannya hari ini. Di IPO-nya perusahaan ini berhasil mengumpulkan dana sebesar 1.2 miliar dollar.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham Hong Kong pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan lanjutan meskipun terbatas. Indeks hang seng berjangka ini akan mengalami pergerakan pada kisaran 22880 – 23050 poin. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *