PREDIKSI ANALIS UNTUK IHSG HARI INI

Jakarta-Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak menguat di awal sesi pertama. Namun, setelah muncul banyak pemberitaan mengenai siapa pasangan capres dan cawapres yang akan maju bertarung dalam pemilihan maka eforia pencapresan mulai berkurang.

Menurut Kepala Riset Trust Securities, berkurangnya eforia tersebut bukan dikarenakan pasar merespon negatif terhadap pendeklarasian salah satu pasangan Capres dan Cawapres namun, lebih dikarenakan mulai adanya aksi ambil untung setelah tidak adanya momen yang dijadikan bahan ekspektasi.

“Artinya pasar sudah mendapat kejelasan siapa pasangan Capres dan Cawapres tersebut,” katanya, di Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Lebih lanjut Reza menuturkan bahwa variatif dan cenderung melemahnya laju bursa saham Asia turut menghambat laju IHSG. Tetapi, masih kuatnya Rupiah dan nett buy asing akhirnya dapat mengembalikan IHSG di atas 5.000.

Sepanjang perdagangan, IHSG menyentuh level 5091,32 (level tertingginya) di awal sesi 1 dan menyentuh level 4976,40 (level terendahnya) di mid sesi 2 dan berakhir di level 5015. Volume perdagangan turun dan nilai total transaksi naik. Investor asing mencatatkan nett buy dengan penurunan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.

Reza memprediksikan, pada perdagangan hari ini IHSG diperkirakan akan berada pada rentang support 4973-4994 dan resisten 5065-5095. Spinning lewati upper bollinger band (UBB ). MACD masih bergerak naik dengan histogram positif yang memendek. RSI, Stochastic, dan William’s %R mulai berkurang kenaikan. IHSG sempat berada di kisaran target support (4970-5000) dan sempat melewati target resisten (5045-5065) meski akhirnya ditutup di bawah target resisten.

“Adanya aksi profit taking mulai menghambat potensi kenaikan lanjutan IHSG sehingga tetap mewaspadai potensi pembalikan arah (jika ada),” tukasnya.

Sementara itu menurut Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Surya wijaya menuturkan bahwa IHSG sedikit mengalami tekanan, dan ini merupakan hal yang wajar terjadi di sela sela perjalanan naik.

“Koreksi yang terjadi bersifat wajar dan sehat, pola uptrend masih terjaga cukup bagus dikarenakan inflow masih terjadi dan semakin meningkat (diatas 2,4T / 19 may 2014), target resistance berada pada 5056, akan lebih bagus jika dapat menutup perdagangan diatas level tersebut, supaya pola kenaikan menjadi lebih kokoh. Support berada pada 4954 untuk saat ini. Secara umum IHSG masih dalam pola uptrend,” ujarnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *