Senin Siang, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 11.361 / USD

AnalisaTrading-Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi hingga siang bergerak menguat sebesar 51 poin menjadi Rp  11.361 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp 11.412 per dolar AS.

Mata uang rupiah kembali mengalami apresiasi menyusul imbal hasil (yield) obligasi Amerika Serikat (AS)  bertenor 10 tahun mengalami penurunan.  Pelemahan ‘yield’ itu menggerus indeks dolar AS, aset berisiko seperti rupiah akan kembali diminati investor.

Di sisi lain, Gubernur Bank Sentral AS (the Fed) Janet Yellen juga menyatakan bahwa ekonomi Amerika Serikat masih jauh dari level sehat.  Dari dalam negeri,  sentimennya masih ke situasi politik menjelang Pemilu Presiden. Pelaku pasar uang masih menanti nama-nama bakal calon Presiden.

Kondisi politik menjelang pemilihan Presiden yang cukup kondusif akan menjadi penopang nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.  Kondisi fundamental ekonomi domestik yang masih cukup kuat menambah sentimen pasar keuangan di dalam negeri akan semakin diminati investor global.  Arus ‘inflow’ ke pasar keuangan domestik seperti saham, obligasi masih cukup kuat, investor global tampak positif memandang perekonomian Indonesia. (FR)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *