Jelang Akhir Pekan, Kedelai Kembali Tekan Harga CPO

Analisa Trading – Harga CPO yang sedang mengalami trend penguatan pada pekan ini, akhirnya terpantau sedang mengalami pelemahan pada perdagangan Bursa Malaysia saat ini. Pelemahan harga CPO diduga dipicu oleh kembali turunya harga kedelai pada perdagangan kemarin.

Anjloknya harga kedelai yang sebelumnya berada dalam trend penguatan kembali melemahkan harga CPO. Fungsi substitusi kedelai dalam pembuatan minyak nabati, berimbas langsung pada pelemahan keyakinan akan besaran peningkatan permintaan CPO menjelang Idul Fitri.

Hal tersebut berimbas pada penurunan harga CPO meskipun potensi peningkatan demand cukup tinggi, serta supply masih berisiko terkena imbas siklus El Nino. Hingga berita ini diturunkan, harga CPO terpantau berada pada kondisi melemah. Harga CPO berjangka untuk kontrak Juli 2014 turun 0,53% ke tingkat harga 2.613 RM/ton atau melemah 14 RM/ton.

Harga CPO diprediksi masih akan mengalami pelemahan. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen negatif dari penurunan harga kedelai dan juga potensi taking profit pasca trend penguatan harga CPO sejak awal pekan ini. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *