Pasca Libur Waisak, CPO Bursa Malaysia Menguat

Analisa Trading – Harga CPO terpantau mengalami penguatan pada awal perdagangan hari ini di Bursa Malaysia. Perdagangan CPO yang kemarin diliburkan untuk memperingati Hari Waisak, mengalami penguatan yang didorong oleh penguatan harga kedelai pasca rilis data USDA.

Harga kedelai yang terus memberi tekanan pada harga CPO pada perdagangan pekan lalu, mulai melemah seiring rilis data USDA. Rilis data USDA, berdampak pada kembali menguatnya harga kedelai akibat persediaan kedelai AS yang berada pada level dibawah ekspektasi para analis. Imbasnya, tekanan faktor substitusi kedelai terhadap sawit untuk bahan baku minyak goreng nabati mengalami pelemahan.

Selain melemahnya harga kedelai, harga CPO juga terdorong oleh sentimen positif semakin dekatnya momen Idul Fitri. Minyak dari kelapa sawit, cenderung lebih populer dibandingkan dengan minyak nabati dari kedelai. Hal tersebut membuat ekspektasi peningkatan permintaan CPO untuk kebutuhan menjelang Idul Fitri cukup tinggi.

Pada awal perdagangan CPO di Bursa Malaysia Hari ini, harga CPO terpantau mengalami penguatan. Harga CPO berjangka untuk pengiriman Juli 2014 naik 0,3% ke kisaran harga 2598 RM/ton atau menguat 8 RM/ton.

Harga CPO diprediksi masih akan mengalami trend penguatan. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen positif yang cukup kuat menjelang momen Idul Fitri dan pelemahan tekanan harga faktor substitusi dari kedelai. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *