Cadangan Vietnam Merosot, Harga Kopi Robusta Rebound

Analisa Trading – Harga kopi Robusta terpantau mengalami rebound signifikan pada perdagangan Bursa LIFFE Senin 12 Mei 2014. Rebound pada harga kopi Robusta dipicu oleh sentimen positif akibat rilis data cadangan biji kopi Robusta Vietnam pada akhir April.

Cadangan kopi Robusta Vietnam yang mengalami penurunan, memicu kembali bangkitnya harga kopi Robusta pada perdagangan awal pekan ini. Saat ini, cadangan kopi Vietnam berada level 390.000 ton pada akhir April. Level tersebut, berada pada level persentase yang lebih rendah dari rerata tahunan sekitar 25%. Imbas dari risiko rendahnya persediaan biji kopi Vietnam, harga kopi Robusta mengalami kenaikan cukup signifikan.

Pada penutupan Bursa LIFFE Senin 12 Mei 2014, harga kopi Robusta mengalami penguatan signifikan. Harga kopi Robusta berjangka untuk kontrak Juli 2014 naik 1,77% ke tingkat harga $2.130/ton atau menguat $37/ton.

Harga kopi jenis Arabika pada perdagangan kemarin di Bursa ICE Futures US juga terpantau mengalami rebound signifikan setelah sempat anjlok pada perdagangan akhir pekan lalu. Kopi Arabika berjangka untuk kontrak Juli 2014 naik 2,91% ke tingkat harga $1,8925/pon atau melemah $0,0535/pon.

Harga kopi diprediksi akan kembali mengalami trend penguatan pada pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh adanya sentimen positif dari persediaan inventori Kopi Arabika Vietnam dan masih adanya potensi El Nino yang dapat mengangkat harga kopi Arabika Brazil.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *