PT Garuda Indonesia Siap Bayar Utang 320 Juta Dollar AS

Analisa Trading-PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) berencana melakukan pembayaran utang senilai total US$320 juta hingga akhir tahun ini.

Direktur Keuangan Garuda menjelaskan pada kuartal I/2014 lalu perseroan telah melakukan pembayaran utang sebesar US$210 juta.

Berarti, tinggal sekitar US$110 juta lagi yang akan dibayar hingga akhir tahun. Itu dibayar rutin setiap bulan.

Pembayaran berasal dari kombinasi antara dana internal dengan pinjaman dari sejumlah perbankan. Selain itu, Garuda juga baru memperoleh dana rights issue sebesar Rp1,48 triliun beberapa waktu lalu.

Pekan lalu, Garuda memperoleh kredit dari Indonesia Eximbank senilai Rp500 miliar. Sebelum itu, Garuda juga meraih pinjaman senilai US$100 juta dari PT Bank Internasional Indonesia Tbk. (BNII) pada 21 Maret 2014, dengan tingkat suku bunga LIBOR 3 bulan + 4% dengan jangka waktu 36 bulan.

Selain itu, Garuda menandatangani perjanjian ketentuan umum (common terms agreement) dan perjanjian fasilitas (facility agreement) dengan total komitmen US$200 juta pada 15 April 2014, yang diperuntukkan memenuhi kebutuhan umum.

Common terms dibuat antara Garuda sebagai debitur dengan Standard Chartered Bank Singapore Branch dan Emirates NBD Capital sebagai joint arranger dan bookrunner, Standard Chartered Bank (Hong Kong) Limited sebagai intercreditor dan facility agent, serta Standard Chartered Bank sebagai security agent.

Pendanaan tahun ini udah clear. Semua kebutuhan, terutama belanja modal, sudah terpenuhi. Belum ada rencana aksi korporasi lain. (FR)

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *