Kilau Perak Gantikan Posisi Emas

LONDON – Kenaikan harga emas global tertahan, karena permintaan fisik yang lemah membuat investor waspada tentang prospek logam mulia ini, meskipun ketegangan di Ukraina dan melemahnya dolar Amerika Serikat (AS) serta saham di Wall Street memberikan dukungan.

Logam berbalik lebih rendah setelah Departemen Perdagangan mengatakan defisit perdagangan AS menyempit pada bulan Maret karena ekspor rebound, tapi perbaikan itu mungkin tidak cukup untuk mencegah pemerintah merevisi turun estimasi pertumbuhan kuartal pertama yang menunjukkan kontraksi.

buy gold 1
Harga emas juga didukung oleh kekhawatiran meningkatnya kekerasan di Ukraina, setelah para pendukung Rusia dan Ukraina menuduh satu sama lain telah menghancurkan negara pecahan Uni Soviet tersebut.

“Selama kita melihat ketegangan geopolitik, akan ada dukungan pada emas. Dengan kata lain, saya tidak melihat emas bisa jatuh drastis,” kata asisten wakil presiden EverBank World, Mike Meyer, seperti dilansir dariReuters, Rabu (7/5/2014).

Emas jenis Spot turun USD1,99 atau 0,2 persen menjadi USD1.307,51 per troy ons. Sementara emas berjangka AS, Comex Gold, untuk pengiriman Juni turun 70 sen atau 0,1 persen menjadi USD1.308,60 per troy ons, dengan volume perdagangan sekitar 10 persen di bawah rata-rata 30 hari perdagangan.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik untuk sesi ketiga setelah berada pada level terendah sejak awal Januari pekan lalu di USD18,82 per troy ons. Perak berhasil naik 0,1 persen menjadi USD19,52 per ounce

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *