RILIS INFLASI DAN NERACA PERDAGANGAN POSITIF, IHSG BERPELUANG MENGUAT

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencoba bangkit dan dalam dua hari perdagangan mampu mengalami kenaikan, meski tipis.

Berdasarkan pantauan Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada, dalam tiga tahun terakhir jelang perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) yang setiap tahunnya dirayakan pada 1 Mei IHSG selalu mengalami penguatan.

“Laju IHSG jelang perayaan tersebut dalam historikal tiga tahun terakhir hingga 2014 ini selalu dalam kondisi menghijau,” kata Reza di Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Lebih lanjut, Reza menyebutkan kemungkinan laju IHSG turut terbawa penguatan yang  terjadi pada bursa saham AS dan Eropa sehari sebelumnya serta kembali terapresiasinya rupiah, namun juga tidak dapat menguat banyak karena laju bursa saham Asia jelang perayaan tersebut variatif cenderung melemah dan masih ada nett sell-nya asing.

bursa

“Untungnya, aksi beli pada saham-saham konsumer dan pertambangan dapat mengangkat IHSG kembali ke landasan hijau,” jelasnya.

Sepanjang perdagangan Rabu, IHSG menyentuh level 4.846,23 (level tertingginya) di awal sesi satu dan menyentuh level 4.827,48 (level terendahnya) jelang preclosing dan berakhir di level 4.840,15. Volume perdagangan turun dan nilai total transaksi naik. Investor asing mencatatkan nett sell (jual bersih) dengan kenaikan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett buy (beli bersih).

Pada perdagangan Jumat hari ini, IHSG diperkirakan aka

n berada pada rentang support (level bawah) 4.815-4.830 dan resistance (level atas) 4.850-4.868. Hammer di atas lower bollinger band (LBB ). MACD masih menurun dengan histogram negatif yang memendek. RSI, Stochastic, dan William’s %R mencoba berbalik naik. Laju IHSG dapat bertahan di kisaran target resistance (4.826-4.834), namun juga membentuk utanggap 4.823-4.827 sehingga membutuhkan sentimen positif kembali agar tidak melemah menutup utang gaptersebut.
“Laju IHSG berpotensi menguat tipis jika respon dari rilis inflasi dan neraca perdagangan dapat positif dan masih adanya kenaikan volume beli di tengah ‘hari kejepit’ pasca-libur hari buruh,” tukasnya.

 

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *