Harga Kedelai Anjlok, CPO Kembali Melemah

Analisa Trading – Harga CPO terpantau melemah signifikan pada awal perdagangan di Bursa Malaysia. Pelemahan harga CPO diduga disebabkan oleh harga kedelai yang anjlok akibat cuaca yang mulai kondusif di Amerika Serikat di awal Mei.

Cuaca kering yang mulai melanda Amerika Serikat, berdampak pada potensi peningkatan output kedelai dari Amerika Serikat yang dapat berakibat pada penambahan supply kedelai global. Imbasnya, harga kedelai mengalami penurunan.

Penurunan harga kedelai, berpengaruh pada penurunan harga minyak nabati dari kedelai untuk substitusi minyak goreng CPO. Harga CPO pun terpantau mulai berada dalam trend pelemahan pasca penurunan harga kedelai.

Harga CPO di Bursa Malaysia hingga saat ini terpantau turun drastis. CPO berjangka untuk pengiriman Juli 2014 turun 2,02% ke tingkat harga 2570 RM/ton atau melemah 53 RM/ton.

Sedangkan harga kedelai pada bursa CBOT dalam perdagangan hari Rabu 1 Mei 2014 turun 3,41% ke tingkat harga 1461 USD atau turun 51,6 USD.

Harga CPO diprediksi akan mengalami penurunan harga akibat tekanan harga kedelai global. Hal tersebut dilandasi oleh sifat kedua barang yang bersifat substitusi. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *