EMAS TURUN UNTUK KEEMPAT HARI BERTURUT-TURUT

Chicago – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun lagi pada Kamis (Jumat pagi WIB, 2/5/2014) untuk keempat hari berturut-turun, karena data ekonomi Amerika Serikat positif.

Kontrak emas yang paling aktif untuk Juni, jatuh 12,5 dolar AS atau 0,96 persen, menjadi ditutup pada 1.283,4 dolar AS per ounce.

Penurunan hari keempat untuk harga emas ini karena data ekonomi positif telah mengurangi permintaan investasi pada aset “safe haven” emas.

Di antara data positif yang menyebabkan emas jatuh, Departemen Perdagangan AS melaporkan pada Kamis bahwa belanja konsumen meningkat 0,9 persen, kenaikan terbesar sejak akhir 2009. Laporan yang sama juga mengatakan bahwa pendapatan pribadi AS naik 0,5 persen.
buy gold 1

Penurunan emas itu dibantu oleh sebuah laporan yang menunjukkan manufaktur di AS meningkat, indeks dari Institute for Supply Management (ISM) menunjukkan bahwa indeks naik menjadi 54,9 persen pada bulan lalu, tingkat tertinggi sejak Desember.

Sementara itu, Federal Reserve AS kembali memangkas strategi pembelian obligasinya sebesar 10 miliar dolar AS menjadi 45 miliar dolar AS mulai Mei.

Emas juga turun karena Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa pengeluaran untuk proyek-proyek konstruksi AS naik 0,2 persen pada Maret ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 942,5 miliar dolar AS pada proyek-proyek perumahan swasta.

Laporan itu mengatakan bahwa pengeluaran naik 0,8 persen untuk pembangunan perumahan, dan naik 0,2 persen untuk proyek-proyek non hunian. Dalam bidang proyek-proyek publik, belanja turun 6,6 persen untuk konstruksi perumahan dan 0,5 persen untuk konstruksi non hunian.

Meskipun berita positif sebagian besar optimis, penurunan emas jadi agak melemah oleh laporan Departemen Tenaga Kerja AS yang dirilis Kamis, mengatakan bahwa klaim pengangguran naik 14.000 ke tingkat tertinggi sembilan minggu 344.000. Analis tidak memperkirakan klaim pengangguran meningkat.

Analis hati-hati menunggu laporan pekerjaan yang banyak diantisipasi yang akan dirilis pada Jumat. Di sisi teknis, analis juga mengatakan bahwa mereka masih melihat permintaan yang baik untuk emas dari pasar Tiongkok.

Perak untuk pengiriman Juli turun 13,1 sen atau 0,68 persen, menjadi ditutup pada 19,043 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli turun 0,4 dolar AS atau 0,03 persen, menjadi berakhir pada 1.427,5 dolar AS per ounce

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *