KONFIRMASI TAPERING FED MAKIN JELAS, BURUK BAGI EMAS

Harga emas masih terbebani oleh sentimen bearish ketika FED tadi malam mempertahankan kebijakan untuk mengurangi stimulus untuk pembelian obligasi dan aset. Kebijakan ini mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi AS.

Emas batangan untuk pengiriman segera diperdagangkan pada level $1,291.40 per ons pada sesi Singapura. Harga emas turun dalam tiga hari.

Bank sentral AS mengurangi pembelian asetnya ke level $45 miliar, dipangkas $10 miliar. FED juga menyatakan bahwa fase pemangkasan atau tapering akan terus dilakukan dengan tujuan menekan biaya pinjaman bagi perusahaan dan konsumen dan diperkirakan akan berakhir Desember tahun ini. Selama 2013, harga emas jatuh 28 persen dan merupakan kejatuhan terbesar sejak tahun 1981.

FOMC tadi malam mengindikasikan bahwa ada pertumbuhan pada aktivitas ekonomi yang meningkat belakangan ini. Mempertimbangkan tingkat pengeluaran rumah tangga yang juga meningkat lebih cepat. Konfirmasi tapering semakin jelas dan ini akan menjadi buruk bagi emas.

Harga emas masih naik 7,5 persen pada 2014 ini yang terdorong oleh kekhawatiran terhadap ekonomi AS di awal tahun dan situasi memanasnya Ukraina – Rusia. Harga emas naik 70 persen dalam kurun waktu Desember 2008 hingga Juni 2011. Ketika itu, FED membeli utang dan memangkas suku bunga ke level terendahnya untuk dapat memicu gairah ekonomi.

gold

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *