Bursa Jepang Berakhir Masih Positif, Retreat dari Posisi Harian Tertinggi

Analisa Trading-Bursa saham Jepang ditutup masih di teritori positif, meskipun cenderung retreat dari level harian tertingginya (30/4). Bursa saham yang sempat menguat nyaris 1 persen di awal sesi siang ini hanya terangkat sebesar 0.3 persen karena dihadang oleh data ekonomi yang kurang memuaskan.

Data industrial output di bulan Maret lalu mengalami peningkatan yang kurang dari estimasi. Sementara itu data aktivitas manufaktur di bulan April tampak mengalami kontraksi untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun.

Hari ini harga saham Softbank mengalami kenaikan sebesar 1 persen setelah Sprint, yang 80 persen sahamnya dimiliki oleh Softbank, melaporkan bahwa penjualan tablet mengalami kenaikan.

Saham Kyocera dan Mitsubishi Electric mengalami kenaikan masing-masing sebesar 3 persen di tengah optimisme terhadap kondisi keuangan satu tahun mendatang.

Indeks spot Nikkei siang ini ditutup naik sebesar 15.88 poin atau 0.11 persen dan berakhir pada posisi 14304.11 poin. Indeks berjangka Nikkei 225 terpantau berada pada posisi 14250, mengalami penurunan yang signifikan sebesar 205 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Pada perdagangan hari ini indeks berjangka tersebut telah mengalami pergerakan pada kisaran 14235 – 14445 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan bursa saham Jepang pada sesi perdagangan selanjutnya akan mengikuti sentiment yang berkembang di bursa Eropa dan Amerika Serikat. Besok sebagian bursa global tutup dengan pengecualian bursa Jepang. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *