Harga Emas Dekati Terendah 10 Minggu Ini, Tertekan Ukraina dan Buramnya Pasar Properti AS

AnalisaTrading – Harga emas dalam perdagangan di tengah minggu ini mengalami tekanan dan mendekati harga terendahnya dalam 10 minggu terakhir ini. Kenaikan suhu politik di Ukraina dan data ekonomi AS terkini yang menyatakan pasar properti AS mengalami penurunan dibayang-bayangi isu pemangkasan belanja obligasi The Fed. Aset-aset berbasis emas, berada dalam posisi terendah dalam 12 minggu ini.

Sepanjang tahun ini harga emas mengalami kenaikan sebesar 6.8 persen, menguat dari kejatuhan harga emas dengan prosentase terbesar selama tiga decade setelah krisis politik  di Ukraina, perlambatan pertumbuhan pasar negara berkembang dan kemungkinan kegagalan pemulihan ekonomi AS. Data ekonomi AS terkini memang menyajikan bahwa permintaan produk AS mengalami perlambatan dan pasar property untuk perumahan baru juga mengalami penurunan bahkan hingga ke angka terendah dalam delapan bulan ini. Krisis di Ukraina mengemuka kembali setelah pemerintah memutuskan melakukan tindakan ofensif terhadap gerakan separatis.

Meskipun harga emas memiliki potensi kenaikan saat ini, namun melihat proses pemulihan AS yang beringsut membaik pula maka dalam jangka panjang harga emas bisa mendapat tekanan kembali. Harga emas di tahun 2013 mendapat pukulan yang hebat sehingga terpuruk 28 persen, mengakhiri kenaikan harga emas sepanjang 12 tahun. Pasar meyakini The Federal Reserve masih akan mengurangi kebijakan stimulusnya setelah indikasi ekonomi AS membaik. The Fed akan melakukan pertemuan rutin pada 29-30 April mendatang dan diperkirakan salah satu kebijakan yang akan diambil adalah memangkasa kembali besaran dana untuk belanja obligasi.

Rusia menegaskan akan melindungi rakyatnya di Ukraina setelah Kiev, memutuskan akan melakukan tindakan ofensif terhadap upaya-upa separatis, khususnya di kota-kota bagian timur negara Ukraina. Keputusan ini mengabaikan kesepakatan yang sebelumnya dicapai di Jenewa, Swiss antara Ukraina, Rusia, Uni Eropa dan AS untuk melucuti kaum pemberontak.

Emas dalam bentuk batangan mengalami kenaikan harga ke $1,283.68 per ons dari perdagangan sebelumnya di $1,283.91. Harga emas sebelumnya telah menurun ke $1,277.69 pada 22 April 22, yang merupakan harga termurah sejak 11 Februari silam. Harga emas untuk kontrak pengiriman bulan Juni berakhir di $1,284.70 per ons di bursa Comex – New York  dari sebelumnya di $1,284.60. Pemegang SPDR Gold Trust masih tetap dalam dua hari beruntun di 792.14 metric tons, paling sedikit sejak Januari 28. (FC)

 

Happy Trading!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *