Defisit Perdagangan Jepang pada bulan Maret

images 14Defisit perdagangan Jepang pada bulan maret menunjukkan bahwa pertumbuhan ekspor melambat empatkali dibandingkan dengan impor energi yang terus meningkat . Mata uang Jepang  melemah yang berkontribus terhadap biaya impor. Defisit naik ke 1.45 triliun yen ($14bn; .4bn £8), dari 356.9bn yen pada bulan yang sama tahun lalu. Impor energi Jepang terus meningkat setelah adanya penutupan berbagai reaktor akibat tsunami tahun 2011

Menurut data terakhir perdagangan, impor dari  Petroleum Gas (LPG) naik lebih dari 8% pada bulan Maret, dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Sementara itu, impor dari Natural Gas (LNG) meningkat hampir 4%.

Dan Jepang harus membayar lebih untuk impor mereka setelah serangkaian kebijakan agresif yang ditujukan untuk memacu pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan pasokan mata uang yen sehingga terjadi pelemahan yang tajam terhadap mata uang yen. Mata Jepang turun hampir 10% terhadap dolar AS antara Maret 2013 dan Maret tahun ini. Angka-angka terbaru menunjukkan bahwa sementara LPG impor naik 8,1% volume bulan Maret, nilai impor tersebut naik lebih dari 18%. Demikian pula, volume LNG impor naik hampir 4%, sementara nilai pengiriman mereka melompat 14%.

Dampak pajak penjualan?

secara keseluruhan impor Jepang naik 18.1% pada bulan Maret, dibandingkan dengan tahun lalu, sementara ekspor naik pada tingkat tahunan 1,8% sedangkan pajak penjualan telah meningkat 8% dari 5% dan akan terus naik dengan proyeksi 10%, pada bulan Oktober tahun 2015.

Para analis mengatakan kenaikan telah melihat peningkatan permintaan konsumen Jepang pada bulan Maret akibat penerapan pajak penjualan yang diberlakukan tanggal 1 april 2014. seorang ekonom mengatakan bahwa konsumen mulai mengurangi pembelanjaan akibat pajak yang diberlakukan dan hal ini mengurangi impor yang dilakukan oleh jepang. Terdapat spekulasi bahwa jepang mulai akan me restart reaktor nuklir mereka sehingga akan mengurangi biaya impor yang dilakukan untuk energi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *