STRATEGI TRADING

Sebelum kita trading atau pada saat trading di forex sebaiknya kita mempunyai strategi dahulu sebelum memulainya agar tidak terjadi trading asal asalan dan trading kita juga bisa mendapat profit

seperti apakah strategi yang dapat diterapkan tersebut?? berikut penjelasanya :

1. Memiliki gambaran dan rencana trading yang baik. Berikut ini kriterianya.

  • Open posisi
  • Menentukan stop loss & take profit yang “ideal”
  • Memiliki manajemen keuangan (money management), karena hal ini menentukan trading dalam sebulan berupa ketahanan akun terhadap resiko loss, kapan untuk menarik dana, kapan menambah alokasi dana untuk mulai berinvestasi kembali dan apa kebutuhan untuk konsumtif.

2. Menjadi Trend Follower (sahabat karib dari trend). Maksudnya adalah jangan melawan kondisi pasar, pasar mengalami kenaikan, maka pasang posisi buy. Begitu juga sebaliknya.

3. Mempertahankan modal. Jangan sampai modal yang dimiliki sampai $ 0.00, jika saat kondisi loss sebaiknya mempertahankan modal pada angka 10-15%. Cara ini digunakan agar pada saat melakukan penambahan modal tidak terlalu besar.

4. Mengetahui kapan saatnya membuang “racun”. Racun yang dimaksud adalah ketika posisi buy/sell telah terjadi floating (posisi belum ditutup/mengambang) sehingga menghasilkan loss yang terus membesar. Sebaiknya langsung saja melakukan cut loss. Oleh karena itu, pentingnya stop loss dalam trading.

5. Kendali emosi. Setelah target di capai, hal yang tepat untuk dilakukan adalah segera keluar dari market. Jangan menjadi trader serakah.

6. Be smart & informed. Memiliki alasan mengapa melakukan buy/sell, oleh karena itu penting menguasai berita untuk analisa fundamental dan pengetahuan mengenai chart untuk analisa teknikal.

7. Mempunyai jurnal trading. Jurnal atau diary trading penting untuk mengetahui mengapa dan kapan posisi mendapatkan profit atau ketika loss.

8. Saat harga pada sideways, jangan masuk pasar. Jika ragu – ragu pada kondisi pasar seperti itu, sebaiknya tinggalkan. Kecuali mempunyai spesialisasi pada saat harga sideways.

9. Jangan terlau berlebihan saat trading. Setelah menentukan spesialisasi trading, sebaiknya ikuti pola trading yang dipilih. Jika seorang scalper maksimal 10 kali posisi, daytrader 2 kali maksimal dan swing trader lebih sedikit lagi.

10. Jangan mudah menyerah. Jika pada demo akun $5000 mengalami loss, kembali lagi mencoba hingga mendapatkan tujuan trading profit & konsisten.

SALAM TRADING DAN SUKSES SELALU

Related Post

Trading Double Zero

Trading Double Zero

Trading kali ini akan saya awali dengan sebuah contoh. Yang mana saya umpamakan anda membeli…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *